Selasa, 15 Desember 2009

Ide Bisnis Usaha Kursus Masak

Hallo para pembaca, kembali lagi saya menghadirkan artikel seperti saya janjikan. Walaupun tulisan di blog ini hanyalah tulisan amatir tetapi mudah-mudahan mampu memberikan manfaat bagi para pembaca.

Pembaca blog pasti menyadari bahwa keahlian memasak saat ini bisa digunakan seseorang sebagai sumber penghidupan misalnya sebagai modal membuka usaha katering, membuat usaha kue, membuka kantin. Apalagi sekarang akan menghadapi lebaran sehingga keahlian Anda dapat digunakan sebagai sumber pemasukan uang!

Jika Anda memiliki keterampilan dalam bidang memasak (apapun masakannya) tentunya Anda bisa memanfaatkan keahlian memasak Anda sebagai sumber pemasukan Anda. Untuk memperoleh ilmu memasak, sebagian orang mendapatkan keahlian melalui bangku kuliah tetapi tidak semua master memasak lulusan sekolah kan? Mungkin Anda bisa membagi pengalaman Anda karena justru di dunia masak-memasak, citarasa masakan yang disukai konsumen tentu terbangun dari pengalaman seseorang.

Jika Anda berniat membuka usaha kursus memasak maka langkah pertama adalah menentukan terlebih pokok bahasan yang akan kita ajarkan. Bidang memasak cukup luas dan banyak tema yang bisa diangkat antara lain kursus memasak kue, kursus pastry, kursus masakan nusantara, kursus masakan internasional dan lain-lain. Untuk memulai alangkah lebih baik fokus pada tema-tema tertentu untuk satu kali rangkaian kursus dan tidak tertutup kemungkinan untuk berganti tema secara periodik. Sebaiknya tema atau fokus yang kita ambil merupakan keahlian kita.

one-stop-cooking-pot-one-day-cookery-course-with-nigel-brownSetelah kita menentukan tema kursus, maka yang perlu kita siapkan adalah materi bahan ajar. Bahan ajar bisa dipersiapkan berdasarkan pengalaman memasak Anda, ataupun berdasar literatur. Materi ajar juga bisa disesuaikan dengan trend masakan yang terbaru baik itu dari trend dari luar negeri ataupun dalam negeri. Bila hal itu sudah dipersiapkan maka selanjutnya yang diperlukan adalah memikirkan konsep kursus. Konsep kursus bisa saja dengan pendekatan praktek lebih banyak ataupun sebaliknya teori yang lebih banyak. Konsep kursus juga bisa diaplikasikan khusus untuk siswa yang ingin membuka usaha katering. Terlepas dari konsep yang akan diaplikasikan dalam kursus memasak, pengalaman siswa untuk langsung melakukan praktek akan lebih berharga mengingat dalam memasak keterampilan non teknis lebih dibutuhkan.

Setelah membuat materi bahan ajar dan menentukan konsep kursus, maka selanjutnya kita bisa melakukan langkah berikutnya yaitu menentukan tempat usaha dan menata kelengkapan penunjang. Tempat usaha ini bisa saja di salah satu ruangan di rumah Anda, namun Anda juga bisa menyewa ruangan di tempat yang mungkin lebih strategis bagi konsumen. Bisa juga Anda datang ke konsumen dengan menawarkan jasa kursus di tempat.

Karena usaha yang akan dilakukan adalah kursus memasak maka tentunya Anda harus menyiapkan kelengkapan memasak mulai dari kompor, oven, panci dan alat lainnya. Jika memang Anda menginginkan suasana praktek nya lebih besar maka dalam ruang usaha Anda harus disediakan sebuah ruangan dapur bersih yang luasnya cukup untuk menampung jumlah siswa. Sebaiknya diatur sebuah ruangan untuk administrasi dengan kelengkapan antara lain kursi tunggu, meja administrasi dengan komputer, printer serta peralatan kantor lainnya.

Untuk kelangsungan usaha, sangat perlu untuk memikirkan manajemen usaha antara lain merapikan data konsumen usaha, melakukan penjadwalan kursus, pencatatan keuangan, dan lain-lain. Namun yang paling penting adalah memberikan kualitas yang maksimal terhadap klien walaupun Anda pemain baru dalam usaha ini tetapi ada nilai lebih yang didapatkan oleh konsumen setelah mengikuti kursus yang Anda selenggarakan.

Hampir dilupakan adalah promosi usaha karena bagaimanapun tanpa promosi mungkin sedikit orang yang akan melirik usaha Anda. Untuk memulai promosi bisa dilakukan dengan memasang iklan di surat kabar dan lebih baik membuat semacam portofolio di dunia maya dengan membuat website ataupun blog.

Sebelum Anda memulai usaha kursus memasak Anda dan menerima konsumen, ada baiknya menilik dulu kondisi pesaing yang terlibat dalam usaha sejenis. Bila perlu Anda ikut saja dulu kursus yang mereka tawarkan untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang Anda bisa lakukan di usaha Anda kelak. Mungkin ini sebuah teori yang dikenal dengan ATM (yaitu Amati Tiru dan Modifikasi).

Ada banyak hal-hal kecil yang akan menentukan kelangsungan usaha Anda, antara lain kepribadian Anda dalam mengajar kursus (bila Anda turun langsung). Jika Anda membuat suasana menyenangkan dan menyesuaikan dengan kondisi klien tentunya suasana kursus akan lebih interaktif. Jika usaha Anda semakin besar, kita pasti tidak akan berhasil seorang diri oleh karena itu perlu dipertimbangkan untuk mencari tenaga kerja yang bisa membantu kita.

Akhirnya kita memikirkan jumlah modal yang kita keluarkan untuk usaha ini. Bisa saja untuk memulai usaha ini Anda mendapatkan pinjaman bank atau dari sumber lainnya namun yang paling penting usaha Anda bisa menguntungkan secara finansial bagi Anda. Kursus yang Anda selenggarakan bukan kursus gratis karena tentunya diselenggarakan dengan mengeluarkan biaya, mengerahkan kemampuan dan pengetahuan Anda oleh karena itu sewajarnya kita menerapkan biaya atau tarif untuk orang atau kelompok dengan harga yang wajar namun masih bisa mendapatkan keuntungan.

Jika semua dirasa sudah tidak ada masalah, tidak ada alasan untuk menunda-nunda
rencana usaha kursus memasak Anda!

Narasumber :http://idebisnisusaha.com/2009/09/07/ide-bisnis-usaha-kursus-masak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar