Selasa, 15 Desember 2009

Melindungi Usaha dari Bencana Alam

Bagi para pengusaha pasti menyadari bahwa bencana alam seperti halnya tsunami, gempa bumi, atau bahkan letusan gunung berapi akan sangat merugikan dan merusak sendi kehidupan yang telah dibangun terutama bisnis atau usaha Anda. Efek gempa bumi 7,3 Skala Richter yang berpusat Koordinat 8,24 Lintang Selatan dan 107,32 Bujur Timur di Tasikmalaya merupakan contoh terakhir yang menyisakan trauma yang mendalam bagi pemilik usaha atau bisnis karena bisa saja apa yang dibangun seseorang bertahun-tahun, hilang seketika terkena imbas dari goncangan gempa. Kerugian materil tentunya amat banyak!gempabukittinggisumaterabarat

Gempa Tasikmalaya bukanlah yang pertama kalinya bencana terjadi di Pulau Jawa ini, ada beberapa kejadian bahkan (mungkin) ratusan getaran bumi yang terjadi terasa maupun tidak terasa di bumi kita tercinta ini. Apalagi bencana-bencana lain yang datang tak terduga,

Saya ingin memberikan tips untuk mempersiapkan bisnis atau usaha Anda sebelum bencana datang. Beberapa perusahaan memang menyediakan Asuransi Usaha (Business Property Cover). Saya tidak menyebut merk disini namun biasanya asuransi seperti ini sangat menguntungkan karena dapat melindungi usaha atau bisnis Anda. Ada beberapa jenis perlindungan antara lain perlindungan Kebakaran, Tersambar Petir, Ledakan, Tertimpa Reruntuhan Pesawat, Tertabrak Kendaraan Orang Lain dan Kerusakan karena Asap, Pembongkaran dan Perampokan atas Barang, Kerusuhan, Pemogokan dan Perbuatan Jahat Orang Lain, Gempa Bumi, Tsunami dan Letusan Gunung Berapi.

Mungkin jika Anda berniat untuk mengamankan usaha atau bisnis Anda, ada baiknya mengikuti perlindungan atau asuransi tersebut, tetapi jika belum berkeinginan membeli asuransi maka ada beberapa tips untuk mengantisipasi kejadian bencana. Berikut ini beberapa tips:

1. mengenal lokasi tempat kita bekerja dan tempat kita tinggal, pengenalan lokasi ditempat kerja, bisa diartikan mengetahui jalan-jalan untuk pengamanan diri, seperti pintu darurat, tempat yang aman, jalan keluar masuk, dll.
2. mengetahui tempat evakuasi terdekat dan selalu mengingat nomor telepon penting yang mudah dihubungi.
3. meletakan barang-barang yang riskan terhadap goncangan pada tempat tertentu, sehingga tidak membahayakan kita saat terjadi goncangan gempa kecil maupun besar.
4. menyiapkan survival kit/ keperluan darurat, bisa terdiri dari obat-obatan, pisau kecil, dll ditempat yang mudah terjangkau bila harus mengungsi.
5. mengelompokan barang berharga (meskipun sebaiknya barang berharga dititipkan ditempat yang aman, misal bank dsb) ditempat yang aman dan terlindungi seperti brankas.
6. selalu menambah wawasan dengan mengikuti kabar dan berita.
7. dan terakhir memiliki asuransi, baik itu rumah, kendaraan dan tentunya jiwa anda sendiri.


Sumber didapat dari : http://idebisnisusaha.com/2009/09/07/lindungi-usaha-anda-dari-bencana-alam/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar